News Update :
Home » , , » Orkes Tradisional ASEAN-KOREA

Orkes Tradisional ASEAN-KOREA

Penulis : rierie_destiny on Wednesday 20 January 2010 | 13:43

 Pada tanggal 1 Juni yang tahun lalu, di pulau Jeju Korea diadakan Konferensi Tingkat Tinggi antara Korea Selatan dengan 10 negara anggota ASEAN termasuk Indonesia. Menyambut KTT tersebut, diadakan juga pertunjukan orkes khusus. Segmen Dinamika Korea hari ini akan mengajak anda ke tempat dilangsungkannya orkes itu.

Ketika mendengar kata 'Orkes' kita pasti membayangkan orkes yang terdiri dari Biola, Flut, Cello, dan Oboe alat musik barat yang terkenal. Akan tetapi Orkes kali ini sangat berbeda . Orkes kali ini bertema 'Orkes Tradisional ASEAN-KOREA', Asia yang disatukan dengan Musik.

11 negara yaitu, Korea, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam memainkan musik bersama dengan alat musik tradisional masing-masing sebanyak 55 sejenis. Sebanyak 80 anggota orkes ini ingin menyatukan Asia lewat alat musik tradisionalnya. Pertunjukan orkes diadakan untuk pertama kali pada tanggal 31 Mei di pulau Jeju, dan setelah KTT ASEAN-Korsel berakhir pada tanggal 4 Juni lalu di Seoul. Mulai dengan lagu tradisional Korea 'Kae-Jina-Ching-Ching' 11 negara memainkan lagu atau musik yang mewakili negeri mereka. Indonesia memainkan musik Bengawan Solo, Malaysia Seloka, Brunei Japin Laila Senbah dan Joget Baju Putih, dan dari Singapura menyanyikan lagu Singapura. Katanya, selama persiapkan orkes ini, mereka harus membagi-bagi informasi tentang alat musik masing-masing. Dan itupun sangat sulit karena setiap alat musik mempunyai ciri khas yang berbeda sekali. Setelah beberapa kali mereka mengadakan latihan, baru dapat memainkan bersama.

Setelah menonton semua permainan musik itu, saya hampir menangis karena sangat terharu. Para penonton juga terus pupuk tangan dengan berdiri selama beberapa menit. Orkes seperti ini memang merupakan percobaan yang pertama kali. Lewat kesempatan ini, para penonton maupun pemain alat musik ini juga sangat merasakan adanya persatuan antara ASEAN dan Korsel. Orkes ini ditutup dengan lagu 'Love ASEAN'. Lagu ini mengucapkan apa kabar dan aku cinta pada mu dalam bahasa negara yang berpartisipasi di orkes ini.

Sayang sekali saya tidak bisa menyajikan semua musik yang bagus sekali ini, tapi moga-moga saja pertunjukkan orkes seperti ini diadakan juga di Indonesia.


 cr : ulfah

Please Repost with Full Credit and include our link..Thanks..^^
Share this article :

Post a Comment

 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger